Contoh Surat Terbaru

Peringatan Hari Bela Negara 19 Desember


Peringatan Hari Bela Negara 19 Desember  – Peringatan Hari Bela Negara 19 Desember 2015 yang telah ditetapkan oleh pemerintah pada hari Sabtu, 19 Desember 2015. Pada acara memperingati hari bela negara ini presiden RI Joko Widodo kabarnya akan dijadwalkan hadir hal ini sudah disampaikan langsung oleh Sekjen Kementerian Pertahanan (Kemhan) Letjen TNI Ediwan Prabowo. Upacara dan peringatan hari bela negara 19 Desember dirayakan setiap tahun demi sebagai wujud Semangat Juang dan Cintah Tanah Air Indonesia.

Peringatan Hari Bela Negara 19 Desember 2015 adalah salah satu peristiwa bersejarah Indonesia untuk mengingat deklarasi Pemerintahan Darurat Republik Indonesia yang dilakukan oleh Mr Syafruddin Prawiranegara di Sumatra Barat yang bertepatan pada tanggal 19 Desember 1948. Ketentuan ini diputuskan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono lewat Ketentuan Presiden No. 28 Th. 2006, yang mengambil keputusan 19 Desember juga sebagai Hari Bela Negara.

PDRI (Pemerintahan Darurat Republik Indonesia) telah terdaftar dalam histori serta adalah pemerintahan yang paling cepat di Indonesia yakni sepanjang 7 bln. dengan rentang saat mulai 19 Desember 1948 – 13 Juli 1949. Syafruddin Prawiranegara yang waktu itu menjabat Menteri Kemakmuran pada Kabinet Presiden Soekarno memperoleh mandat dari Presiden Soekarno untuk membuat pemerintahan darurat di Bukit Tinggi, Sumatra Barat.

Peristiwa ini terjadi akibat keadaan pemerintahan waktu itu sangatlah genting. Lantaran Yogyakarta juga sebagai Ibukota RI yang kembali dikuasai oleh penjajah Belanda. Ini yang dikatakan sebagai Agresi Militer Belanda ke-2. Di hari yang sama, Presiden Soekarno serta Wakilnya Muhammad Hatta tahamserta diasingkan di pulau Bangka serta Syafruddin Prawiranegara menjabat juga sebagai Presiden/Ketua PDRI (Pemerintah Darurat Republik Indonesia).

Baca Juga : 

Arti dari Peringatan Hari Bela Negara sendiri sudah diatur dalam UU No 3 th. 2002 Pasal 9 ayat 1 yaitu sikap dan tingkah laku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya pada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasar pada Pancasila serta UUD 1945 dalam menanggung keberlangsungan hidup berbangsa serta bernegara.

Bagi juga sebagai warga negara Indonesia telah sepatutnya megetahui momen histori, lantaran seperti yang disebutkan Presiden pertama Indonesia yakni Ir Soekarno, bangsa yang besar dalah bangsa yang menghormati histori bansanya. Kita bisa membela negara sesuai sama bagian serta peran yang kita lakoni saat ini untuk lebih menyukai serta memajukan Indonesia. Selamat Hari Bela Negara.

Pencarian Paling Populer :

Peringatan Hari Bela Negara 19 Desember | admin | 4.5
/* */